Bunyi Konsonan dan Vokal dalam Bahasa Inggris

Oke Breezers, mari kita awali pelajaran Bahasa Inggris kita kali ini dengan mengenal bunyi konsonan dan vokalnya. Mempelajari bunyi konsonan dan vokal adalah pelajaran yang paling dasar yang perlu kalian pahami dalam mempelajari suatu bahasa. Nggak mungkin dong kalian bisa mengucapkan bahasa Inggris dengan fasih tanpa paham bagaimana cara mengucapkan bunyi konsonan dan vokalnya secara baik dan benar, ya kan? Nah karena itulah, EB memulai sesi belajar kali ini dengan mengenalkan bunyi-bunyi tersebut.

Perlu diingatkan bahwa kita sedang tidak mempelajari konsonan dan vokal yang terdapat pada jajaran huruf-huruf alfabetis seperti a,b,c,d,e,f,g,h,i,j, dst., melainkan mempelajari BUNYI nya. Kita akan mempelajari bagaimana huruf-huruf alfabetis itu dibunyikan atau diucapkan. Nah bunyi-bunyi ini nantinya diberi simbol, istilah gaulnya, fonetik (phonetic). Dalam memperkenalkan simbol fonetik dari konsonan dan vokal bahasa Inggris, EB mengacu pada standar fonetik BBC Pronunciation atau Received Pronunciation (Pengucapan yang Diterima), bukan IPA (International Phonetic Alphabet). Hal ini dikarenakan BBC atau RP adalah standar pengucapan British English atau Bahasa Inggris a la orang Inggris, bukan a la orang Amerika (American English) atau a la orang Australia (Australian English). Mungkin kalian agak bingung mengapa bahasa Inggris ada “a la” nya segala. Hal itu dikarenakan dialek tiap-tiap negara pemakai bahasa Inggris yang berbeda. Mungkin pengucapan bahasa Inggris yang sering kalian dengar adalah pengucapan bahasa Inggris a la orang Amerika. Hal ini tak bisa dipungkiri karena banyak penyiar berita atau film-film Hollywood yang orang-orangnya menggunakan American English (ya iyalah secara film-film Hollywood kan buatan Amerika, hehehe..). Nah kalau kalian penasaran dengan Bahasa Inggris a la orang Inggris asli (British English), coba tonton film Harry Potter. Disitu kita bisa lihat perbedaan dialeknya. Ngga nemu perbedaannya? Ngga apa apa, nanti lama-lama juga bisa bedain, hehee..

Aduh, kebanyakan basa-basi nih kayaknya. Langsung aja ya. Nah, di dalam bahasa Inggris, terdapat 12 bunyi vokal dan 25 bunyi konsonan.

Bunyi vokal Bahasa Inggris

                                Bunyi Vokal Bahasa Inggris

Bunyi Konsonan Bahasa Inggris

                            Bunyi Konsonan Bahasa Inggris

Nah, begitulah kira-kira penjelasannya. Agar Breezers tidak bingung, sebaiknya kalian membuka kamus Oxford Pocket Dictionary atau Oxford Advance Dictionary. Kamus Cambridge juga boleh. Di sana terdapat simbol fonetik yang dijelaskan di atas. Jadi kesimpulannya, simbol-simbol fonetik tersebut membantu kalian dalam mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar, bukan sembarangan ngucapin. So, biar lebih pede casciscusnya, sering-seringlah buka kamus yang EB sebutkan tadi untuk mengecek apakah pengucapan kalian benar atau salah, oke?

Cukup sekian materi belajar kali ini. Di kesempatan selanjutnya, EB akan membahas kelas kata (word classes) dalam Bahasa Inggris. Ini adalah materi dasar kedua setelah Bunyi Vokal dan Konsonan dalam Bahasa Inggris.

 

Salam Hangat,

EB

8 thoughts on “Bunyi Konsonan dan Vokal dalam Bahasa Inggris

  1. Aulia Nur Amalia says:

    The Tortoise and the Hare

    One day, there was the Hare which was once boasting of his speed before the other animals. “I have never been beaten,” he said arrogantly, “if i run with my full speed. I challenge everyone here to against me in a racing.”

    The Tortoise replied quietly, “I will accept your challenge.”

    “is that a joke?” said the Hare again; “I could dance round you all the way from the start to the finish spot.”

    “Keep your boasting till you win,” the Tortoise answered. “Shall we start?”

    So a course was agreed and a starting point was made. at once The Hare darted almost out of sight, but soon he stopped and to show his contempt for the Tortoise, he lay down to have a nap soundly. The Tortoise plodded on and plodded on as the time going, and when the Hare awoke from his nap, he was shocked to see the Tortoise just near the winning-post and could not run up in time to save the race.

    Then the Tortoise said: “Slow but steady process will win the race.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s