World Class: Noun

Noun adalah kata benda. Apa itu kata benda? Secara mudahnya, kata benda berarti kata yang menunjukkan sebuah benda (termasuk hewan dan tumbuhan), seseorang, dan sebuah ide/kualitas/keadaan (seperti pada kata “ketidakadilan”, “kekayaan”, dan “bahaya”). Jika kita mengenal noun dengan baik, kita akan mampu menempatkan verb yang tepat bagi si noun dalam sebuah kalimat. Mari kita perhatikan contoh di bawah ini.

I am a doctor.

Di kalimat yang pertama, verb yang digunakan adalah auxiliary verb. Mengapa? Karena am di sana berfungsi untuk menerangkan bahwa dia seorang dokter. Namun tidak menutup kemungkinan kita bisa memakai jenis verb yang lain seperti regular verb (call, see, meet) di kalimat tersebut. Ini semua tergantung kita mau menjelaskan kalimat itu seperti apa. Apakah mau menjelaskan bahwa “Saya adalah seorang dokter” atau “Saya bertemu dengan seorang dokter”.

Nah sebelum melangkah lebih jauh ke verb (padahal saya sendiri yang ajak kalian ke topik ini ya, ehehe), marilah kita mengenal jenis-jenis noun. Oxford Grammar mengkategorikan noun menjadi enam jenis: common noun, proper noun, concrete noun, abstract noun, collective noun, dan countable and uncountable noun.

Common Noun

Seperti namanya, common noun adalah kata yang menunjukkan benda, orang, dan ide/keadaan yang umum atau tidak bermakna spesial. Contohnya: cat, teacher, beauty, dan school.

Proper Noun

Bisa dibilang, proper noun ini antonimnya common noun. Proper noun adalah kata benda yang menunjukkan bahwa orang/benda/tempat yang khusus seperti pada nama negara dan kota, nama orang, dan nama tempat terkenal. Biasanya proper noun diawali dengan huruf kapital. Contohnya: Indonesia, Jakarta, Alan, dan National Museum.

Concrete Noun

Concrete noun ini adalah kata benda yang mana benda/orang yang dimaksud adalah nyata: bisa dilihat, bisa disentuh, bisa didengar, biasa dicium, dan bisa dirasa. Pokoknya mereka bisa dirasakan oleh panca indra kita. Contohnya: house, apple, rabbit, dan mother.

Abstract Noun

Yup, abstract noun adalah antonimnya concrete noun. Abstract noun ini mengacu pada gagasan, kualitas, dan keadaan yang mana mereka tidak memiliki kondisi fisik. Contohnya: dream, vision, trouble.

Collective Noun

Kata benda yang termasuk dalam kategori ini adalah mereka yang berbentuk kelompok, baik pada orang maupun pada benda. Contohnya: audience, family, government, team, crew, dan jury. Nah, collective noun ini sifatnya bisa singular (tunggal) atau plural (jamak). Jadi dalam kalimat, dia bisa disandangan dengan singular verb (kata kerja tunggal) atau plural verb (kata kerja jamak). Contohnya bisa kita lihat di bawah ini:

My family goes to Safari Park.

My family go to Safari Park.

Kedua kalimat tersebut benar. Kalimat pertama menggunakan singular verb sedangkan kalimat kedua menggunakan plural verb.

Countable and Uncountable Noun

Countable noun mengacu pada benda-benda yang dapat dihitung sedangkan uncountable noun mengacu pada benda-benda yang tidak bisa dihitung. Countable noun mempunyai bentuk singular dan plural. Contohnya pada kata cat. Bentuk singular dari cat adalah cat sedangkan bentuk pluralnya adalah cats. Hal ini berbeda dengan uncountable noun. UN tidak memiliki bentuk singular maupun plural.

Contoh CN: house/houses, mouse/mice, building/buildings, foot/feet

Contoh UN: beauty, danger, sugar, tea.

Beberapa uncountable noun bisa dijadikan countable noun, namun mereka harus disandangkan dengan sebuah ukuran (measure). Contohnya bisa dilihat pada kata sugar dan tea.

1. I need some sugar.

2. I want two spoons of sugar.

1. He likes tea.

2. He wants a cup of tea.

Di kalimat-kalimat nomor 1, sugar dan tea diperlakukan sebagai uncountable noun sedangkan di kalimat-kalimat nomor 2, sugar dan tea diperlakukan sebagai countable noun karena mereka mempunyai ukuran: two spoons of dan a cup of.

Bagaimana? Mudah bukan membedakan jenis-jenis noun? Jika di antara Breezers ada yang belum paham dan ingin bertanya, kalian bisa menanyakannya di kolom komentar di bawah postingan ini. Selamat belajar!

Salam Hangat,

EB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s