Tanya #1: Thank God atau Thanks God?

Hello Breezers! Kali ini EB akan menjawab pertanyaan perdana yang masuk di menu ASK EB. Penanya pertama sepertinya wallflower ya karena tidak mencantumkan nama. Tapi itu bukan masalah, EB sangat menghargai privasi Breezers, hehehe…

Ok, pertanyaan pertama datang dari Anonymous (EB panggil Anon saja ya ke depannya), yang bertanya mengenai perbedaan ekspresi Thank God dan Thanks God.

Anon bertanya:

Kak, aku mau tanya, kalo aku mau bilang thank god, yang benar itu thank god atau thanks god ya? aku suka liat di facebook kadang ada yg make thank god. tapi ada juga yang pake thanks god. makasih kak

Pertanyaan yang menarik, Anon! Breezers, mungkin kalian pernah juga melihat ekspresi Thank God dan Thanks God di beberapa media mulai dari medsos, film, buku, artikel online, dsb. Lalu, yang mana yang benar? Thank God atau Thanks God? Atau keduanya benar?

Perhatikan perbandingan antara ekspresi-ekspresi di bawah ini deh.

Thank God    

Thanks God  

Thanks, God    

Penggunaan Thank God dan Thanks, God adalah benar jika diaplikasikan sesuai konteks kalimat. Yup, kedua ekspresi tersebut serupa tapi tak sama dalam pengertiannya. Lho, bisa begitu? Iya begitu. Untuk lebih jelasnya, EB akan memaparkannya secara terpisah deh ya. Simak!

Thank God

Thank God itu kepanjangan dari ekspresi I/we thank God atau Thanks be to God. Padanan ekspresi dalam bahasa Indonesianya adalah syukurlah, puji Tuhan, alhamdulillah,  atau alhamdulillah yah. Nah, ekspresi ini biasanya digunakan ketika kita berbicara kepada diri sendiri atau ke orang lain, bukan saat berdoa atau berbicara kepada Tuhan.

Contoh:

Thank God, I passed the exam. (Alhamdulillah, saya lulus ujian.)

Ardan and I got Chevening scholarship. Thank God, we made it!

Thanks, God

Ya, penulisan yang benar adalah Thanks, God bukan Thanks God. Mengapa demikian? Jika kalian menulis Thanks God, maka maknanya menjadi ambigu: kamu mau bilang kamu bersyukur akan suatu hal kepada orang lain atau kamu mau berdoa kepada Tuhan? Kalau ambigu seperti itu, para pembaca pun jadi ikutan bingung.

Lain halnya dengan Thank God, ekspresi Thanks, God biasa digunakan ketika kita berdoa atau berbicara secara langsung kepada Tuhan sebagai ungkapan rasa syukur. Ini sama seperti ketika kita mengucapkan terima kasih secara langsung kepada orang lain. Contohnya saja, “Thanks, Jim! I like the dress you sent this morning.” atau “Thanks, Rino.”

Contoh:

Thanks, God, for giving me the warm family.

Thanks, God. You just saved my life.

Nah, begitulah penjelasan mengenai Thank God dan Thanks, God. Keduanya benar jika diaplikasikan dalam konteks kalimat yang tepat. Semoga apa yang disampaikan EB di atas bisa menjawab pertanyaan Anon ya. Buat Breezers lain yang ingin bertanya juga, tulis saja pertanyaan kalian di menu ASK EB ya. Breezers bertanya, EB menjawab! 😉😄

Salam Hangat,

EB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s